Tips Belajar Usaha Sampingan

Aurora March 22, 2023
 

Usaha sampingan untuk saat ini memang sudah banyak dilakukan oleh orang sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan pemasukan tambahan lebih yang akan membantu dalam mencukupi kebutuhan sehari hari.
Berbagai macam jenis usaha sampingan bisa kita coba, mulai dari berjualan didepan rumah, atau bahkan bisa dengan cara melakukan pekerjaan secara online.
Usaha sampingan juga bisa berpotensi menjadikan sebagai salah satu usaha tetap yang menghasilkan pemasukan yang menjanjikan.
Namun ada pula beberapa orang yang melakukan usaha sampingan, akan tetapi mendapati usaha yang dilakukanya berhenti di tengah jalan.
Hal ini bisa dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor kurangnya modal, atau dalam hal pelaksaan tidak dilakukan dengan perencanaan yang tepat.
Berikut ini beberapa tips nya yang bisa kita coba terapkan.

1. Pilih usaha sampingan yang kita minati

Yang pertama adalah kita mesti memilih jenis usaha sampingan apa yang kita minati dan seusai dengan keahlian kita.
Misalnya saja jika kita memiliki minat dibidang marketing, kita bisa menjual barang via affiliate marketing atau dropship.
Hal ini juga berlaku jika kita memiliki keahlian di bidang lainnya, seperti desain, menulis, coding, dll.

2. Jangan cepat tergiur dengan penghasilan besar

Saat ini banyak sekali iklan yang berisi kerja tanpa modal namun cepat mendapatkan untung besar. Iklan jenis ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun bijaklah dalam mengambil keputusan.
Telusuri terlebih dahulu pekerjaan seperti apa yang akan dilakukannya dan pastikan bahwa pekerjaan tersebut legal serta tidak mengandung unsur penipuan atau bahkan money game.

3. Ikut program affiliate marketing jika belum memiliki banyak modal

Jika kita belum memiliki banyak modal namun ingin membuka usaha sampingan, maka kita bisa mengikuti program affiliate marketing untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Program ini memang tanpa modal, dan kita bisa berjualan dengan komisi per produk yang berhasil terjual. Banyak saat ini orang orang yang menjalankan program ini karena bisa menghasilkan penghasilan yang menjanjikan jika serius menjalaninya.

4. Mulai dari usaha kecil terlebih dahulu

Kita bisa membuka usaha mulai dari yang sifatnya kecil terlebih dahulu, baru kemudian bisa berkembang dengan baik jika kita menemukan celah untuk melakukannya. Kita bisa membuka usaha warung makan kecil dirumah atau menjual pakaian dan juga asesoris dengan sistem dropship.
Untuk modal yang diperlukan juga relatif kecil sehingga jika terjadi resiko kerugian, kita tidak akan mendapatkan kerugian yang terlalu besar.

5. Gunakan fasilitas online

Saat ini semuanya bisa dilakukan secara online. Untuk kita yang ingin memulai usaha sampingan bisa melakukannya secara online. Seperti misalnya jika kita menjual jasa, maka kita bisa memasarkannya secara online.
Begitu pula untuk yang menjual barang dan juga jenis pekerjaan lainnya seperti freelance, bisa dilakukan secara online.
Demikian beberapa tips dalam belajar usaha sampingan yang bisa dijadikan sebagai referensi jika ingin melakukan usaha sampingan tanpa perlu khawatir gagal ditengah jalan.

4 Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Masa Depan

Selain pemasukan dari sektor pekerjaan tetap, kita bisa menambah pemasukan dengan melakukan usaha sampingan. Saat ini usaha sampingan banyak dijalankan oleh para karyawan.
Selain dilakukan oleh karyawan, usaha sampingan juga kerap dilakukan oleh para ibu rumah tangga, sehingga walaupun terbilang sebagai seorang ibu rumah tangga, namun tetap memiliki pemasukan tambahan untuk membantu perekonomian keluarga.
Seringkali, usaha sampingan hanya dijadikan sebagai sampingan saja, karena dari segi keuntungan yang dihasilkan lebih kecil dari gaji yang diperoleh sebagai seorang karyawan.
Namun di sisi lain, ada pula beberapa jenis usaha sampingan yang memiliki keuntungan besar, dan bahkan lebih besar dari gaji pokok bulanan sebagai seorang karyawan.
Bahkan usaha yang dilakukan secara sampingan ini, ternyata bisa kita gunakan sebagai penghasilan tetap, dan mampu menjanjikan masa depan.
Berikut ini adalah beberapa contoh usaha sampingan yang menjanjikan masa depan.

1. Menjadi blogger

Menjadi seorang blogger bisa menjadi salah satu jenis usaha sampingan yang bisa menjanjikan masa depan.
Untuk memiliki blog yang bisa menghasilkan, memang memiliki waktu yang cukup lama. Kita bisa memulainya sejak dini.
Keuntungan dalam memiliki blog yang memiliki pengunjung cukup padat adalah kemungkinan bisa lolos google adsense, dan tentu saja anda bisa menjual space iklan di blog yang anda miliki.
Dari iklan inilah kita bisa memiliki blog yang bisa menghasilkan penghasilan yang besar. Bahkan ada yang bisa sampai puluhan juta dalam sebulan. Maka menjadi blogger bisa dipilih sebagai usaha sampingan yang menghasilkan masa depan.

2. Menjadi broker properti

Selain menjadi blogger, menjadi seorang broker dalam bisang properti merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang juga bisa menjanjikan masa depan.
Hal ini dikarenakan nilai jual properiy, baik itu rumah, tanah, atau bangunan lainnya, tiap tahun mengalami kenaikan, dan kita bisa memanfaatkan hal ini.
Terlebih lagi, banyak orang yang juga mencari properti untuk dibelinya, seperti tanah atau rumah. Dari properti yang kita jual inilah kita bisa mendapatkan komisi.

3. Freelance usaha jasa

Melakukan pekerjaan secara freelance bisa menjadi salah satu jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan, dan hal ini pun bisa menjanjikan masa depan.
Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kita lakukan secara freelance atau paruh waktu, seperti misalnya desain logo, edit gambar, desain web, copy writer, atau bahkan menjadi translator. Kita bisa melakukan jenis pekerjaan ini selepas bekerja, atau pada saat anda memiliki waktu luang.

4. Menjual barang secara online

Menjual barang secara online saat ini merupakan salah satu jenis usaha sampingan yang banyak diminati karena memang pangsa pasar online kian hari kian besar.
Terlebih lagi dengan adanya sosial media yang saat ini banyak tersebar menjadikan mempromosikan barang secara online bisa memiliki prospek yang bagus kedepannya.
Kita bisa memanfaatkan akun sosial media yang sudah ada atau memanfaatkan blog sebagai sarana dalam berpromosi.
Demikian beberapa contoh dari usaha sampingan yang bisa menjanjikan masa depan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin menjalani usaha sampingan yang dapat dilakukan jangka panjang.

Artikel Terkait